Sejuta Puisi

Tempat ku menumpahkan semua ekspresi diri

Aliran sesat? sebenarnya ada gak sih ?

Posted by Mr.b pada April 20, 2008

Sekedar bertanya sih, sekalian sharing kalo bisa, sebenarnya Aliran sesat itu ada gak sih, jika dengan kondisi seperti ini :
1. Saya mengakui ALLAH, Tuhan maha besar, maha agung dan maha pencipta.
2. Saya mendalami dan mengajari serta mematuhi semua perintahnya dengan segala gaya dan pemikirin saya ( yang berarti tanpa merusak, menghancurkan dan melanggar aturan dan tata tertib yang berlaku di negara saya ).
3. Saya mengakui ada Nabi baru, dalam artian begini, anggap saya bukan seorang katolik, tapi saya seorang atheis dan baru mengakui adanya TUHAN. Saya beranggapan orang yang membawa saya tadi mengenal TUHAN lah yang menjadi nabi bagi saya.- karena tentu dia lah yang mengenalkan agama baru bagi saya – Bukan kah itu salah satu “syarat” mutlak menjadi nabi. CMIIW
4. Saya tidak menggangu dan menghasut serta mengajak orang lain dalam mengimani agama saya yang baru.

Menurut saya sih tidak ada aliran sesat, setelah saya bisa membuka mata mengenai kebebasan seseorang dalam mengimani agamanya ( 10-15 tahun lalu pasti saya tidak akan mengatakan hal yang sama ).

Kenapa saya beranggapan begini, karena :
1. Kalo emang masih sama² memuja dan menyembah TUHAN, berarti kita juga sesat dong ?
2. Bukannya aturan sesat atau tidak itu masih dibuat oleh manusia ? Memang ada ajaran mengatakan “akulah jalan keselamatan, hanya lewat akulah kalian bisa sampai ke surga” dan “nabi muhammad adalah utusan TUHAN”. So ? Kalo ada yang pengen langsung sampai ke TUHAN, tanpa terlebih dahulu melewati para Nabi Nabi yang agung tadi, apakah dia salah ?

Situasi dimana ada aliran sesat menurut saya adalah apabila :
1. Orang itu menyembah POHON, Kuburan, atau lain lain yang dianggap berhala.
2. Orang itu menyembah manusia, tanpa bermaksud ada tujuan menyembah penciptanya.
3. Orang itu melanggar semua peraturan dan hukum serta tata tertib negara dalam menjalankan ajaran agamanya.

So… Gimana nih kira kira ya.. ??

11 Tanggapan to “Aliran sesat? sebenarnya ada gak sih ?”

  1. Hikz, berarti kasihan ya dulu ada aliran dalam agama katolik yg meyakini Yesus Al Masih hanyalah seorang nabi bukan Tuhan.
    Trus, gara-gara Konsili Nicea menetapkan trinitas, aliran ini dilarang, dikejar-kejar, dan dibantai pengikutnya.

    Aduh Vatikan, jangan ngecap-ngecap aliran sesat dong, biarin saja aliran yang meyakini Yesus hanya nabi, Tuhan itu Esa nggak 3-1 or 1-3, dan meyakini ‘paraclete’ adalah Muhammad.

    Jangan larang Injil Barnabas, Philipus, …

  2. Mr.b said

    @Irvan

    Mungkin disinilah letak sebuah seni beragama, dimana kita “terkekang” dengan sebuah peraturan yang kita sendiri hanya bisa mengikuti dan percaya dengan keyakinan kita, tanpa bisa sedikitpun mencoba menelusuri fakta² sejarah, apakah benar seperti itu atau…(coba dicerna). Btw, pertanyaan saya kok gak kejawab yah ??

  3. Redesign said

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Redesign!

  4. Anita said

    Jangan tergoda dengan omongan orang,,, just believe the Good LORD,,
    jangan hanya karena bacaan ini iman saudara-2 goyah,
    berdirilah di kaki kita masing-2 dan inta Tuhan untuk meindungi kita dan yang akan selalu memberkati kita.

    GBUs more

  5. infogue said

    Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://agama.infogue.com/aliran_sesat_sebenarnya_ada_gak_sih_

  6. Ajaran said

    Itulah.. manusia semakin bodoh dengan doktrin2 agamanya sendiri sehingga lupa akan nilai2 kemanusiaan yg harus dijunjung tinggi sebagai manusia yg beradab

  7. pardo said

    hancur emangmanusa sekarang soalagama diperdebatkan bukan kah tuhan berkata apabila seseorang mau memuji dan menyambah bapamu maka kamu akan masuk sorga dan mejauhi laranggnya

  8. pardo said

    ada orang menyebah patung berhala

  9. wendy said

    Mr B, yth, menurut saya pengertian aliarat sesat itu adalah suatu aliran agama yang dinyatakan menyimpang dari ketentuan-ketentuan dalam agama utama yang anda yakini.
    contohnya : kalau anda katolik anda mnyimpang dari ketentuan2 yg ada dalam ajaran katolik, begitu juga kalau anda islam, ataupun kristen protestan, budha dsbnya. (setiap agama mempunyai ketentuan-ketentuan dan aturan-aturan yang tertuang dalam kitab-kitabnya masing-masing)

    jika anda tidak menginduk kepada salah satu agama yang ada, berarti anda mendirikan agama baru, ..tetapi anda akan dikatakan sesat oleh pemeluk agama lain sesuai dengan pandangan agamanya masing2., .. anda sendiri akan mengatakan bahwa saya tidak sesat.

    Arti Tuhan menurut masing-masing agama dijelaskan juga dalam kitab-kitabnya, maka dari itu jika anda memahami arti Tuhan sesuai agama Katolik, maka anda akan dianggap sesat jika tidak sesuai atau menyimpang dari kitab yang dijadikan pegangan dalam agama Katolik.

    Orang itu menyembah POHON, Kuburan,dan manusia atau lain lain yang dianggap berhala biasanya disebut animisme. tidak termasuk dalam kelompok agama.

  10. sumonegoro said

    Dalam dunia pewayangan, ada istilah pakem.

    Walaupun Anda amat, sangat, percaya Tuhan itu bernama Allah, tetapi pakemnya beda dengan yang lain maka layak disebut sesat.

    Siapa tahu Allah anda dengan Allah saya beda. sesat-tersesat-menyesatkan-disesatkan-persesatan, dll., jangan terang-terangan menyampaikannya pada manusia lain, susah….

    Lebih mudah berurusan dengan Allah dibandingkan ber-urus-an dengan manusia.

    Sulit juga ya…udah ah…saya takut tersesat di wordpress….

  11. qevin said

    Aliran sesat Adalah….>>> jika seseorang telah mempunyai,memahami serta mengimani agama NYA,.tapi sifat .sikap hidupnya tak mencerminkan ajaran dari agamanya itu,( jadi klo ada agama mengajarkan jadilah teroris,tapi dia tidak melakukannya,sesatlah dia.)..tks

Tinggalkan Balasan

 
