Sejuta Puisi

Tempat ku menumpahkan semua ekspresi diri

Sumber minyak hanya seharga Rp.50rb/meter² , sumber lumpur Rp.125.000,-

Posted by Mr.b pada Maret 3, 2008

Ada yang mau beli gak yah ?

Ini lah harga yang ditawarkan PT.EXXON MOBILE, perusahaan yang mengelola sumber minyak di Banyu Urip, Blok Cepu di Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Wew, cuma seharga Rp.50.000/meter² , Exxon bisa mengambil kekayaan alam milik Indonesia. Walau merupakan mitra kerja Pertamina, tetapi tetap saja, harga ini bisa dibilang “gila”. Padahal sih katanya menurut rencana si Exxon membutuhkan lahan seluas 700ha . Wah, dengan modal sebesar Rp. 350.000.000.000,- si Exxon punya lahan sendiri untuk mengambil kekayaan Indonesia.

Padahal warga cuma meminta harga minimal sebesar Rp 150.000, untuk harga tanah seluas 1 m². atau memberikan solusi sewa tanah dengan perkiraan yang sangat wajar dari petani. Yaitu dengan harga 3x panen. Karena sesuai alasan petani, lahan yang akan dijual ini dapat memberikan panen sebanyak 3 x setahun, dan dari lahan yang akan di jual tersebut, petani punya pendapatan sama saat lahan itu sudah dikelola.

Tapi, jika memang si Exxon mematok harga cuma segitu, exxon mah udah gila ato emang wajar memberikan harga segitu ? lah wong warga sidoarjo aja yang kena imbas lumpur lapindo aja, bisa dibayar harga ganti rugi sebesar Rp1.000.000,- untuk tanah, Rp 1.500.000 ,- untuk bangunan dan Rp 125.000,- untuk area persawahan. Tanah berlumpur aja dibeli segitu, masak tanah berminyak gak sampe setengahnya.

Tapi sih, menurut saya masih berkisar kasus lama bermotif lama juga. Palingan ada “makelar tanah ” yang memicu pemberian harga seperti ini.. Kalau harga pembelian di atas harga tersebut, mereka tidak dapat untung, sedangkan dengan sistem sewa apalagi , mereka otomatis tidak mendapat keuntungan sedikit pun, karena mereka kebanyakan tidak punya lahan…

So, anda berminat beli yang mana ?? sumber minyak ato sumber lumpur ??

Satu Tanggapan to “Sumber minyak hanya seharga Rp.50rb/meter² , sumber lumpur Rp.125.000,-”

  1. Fajar H said

    Win Win solution mesti diusahakan dengan baik, bukan win loss.
    Salam,
    Fajar H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: